DMCA.com Protection Status
teknologi informasi

Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi dan Dasarnya

Teknologi Informasi merupakan suatu studi perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, terutama pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Secara sederhana, pengertian Teknik Informasi ialah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras serta perangkat lunak dalam mendukung serta meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Dari Wikipedia juga dijelaskan apa itu pengertian Teknik Informasi, ialah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Sedangkan tujuan adanya teknologi informasi yaitu untuk memecahkan suatu masalah, meningkatkan efektivitas, membuka kreatifitas serta efisiensi pada aktivitas manusia.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

teknologi informasi

Oxford English Dictionary (OED)

Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.

Haag dan Keen

Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Williams dan Sawyer

Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Martin

Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Lucas

Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

ITTA (Information Technology Association of America)

Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Mc. Keown

Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.

Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins

Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.

Kenneth C. Loudon

Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi.

Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah diproses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

Fungsi Teknologi Informasi

fungsi teknologi informasi

Setelah memahami apa pengertian atau definisi dari Teknologi Informasi, tentu Anda bisa menangkap jik adanya Teknologi Informasi atau IT memberikan dampak positif yang begitu banyak untuk kehidupan.

Ya Teknik Informasi ini memiliki beragam fungsi, seperti:

Menangkap

Fungsi pertama Teknik Informasi ialah untuk menangkap atau capture hasil sebuah teknologi. Dalam hal ini IT sangat berperan dalam mengabadikan sesuatu secara sempurna.

Mengolah 

Fungsi berikutnya ialah sebagai media mengolah atau memproses data yang diterima sehingga menjadi suatu informasi yang valid.

Pengelolaan atau pemrosesan bisa berubah pengubahan data ke bentuk lain atau konversi, analisis kondisi atau analisis, perhitungan atau kalkulasi, penggabungan atau sintetis, segala macam bentuk data serta informasi.

Menghasilkan 

Yaitu menghasilkan atau mengorganisasi informasi pada dalam bentuk yang berguna serta lebih mudah dipahami. Contohnya laporan, tabel, grafik dan lain sebagainya.

Menyimpan

Segala macam data tentunya membutuhkan penyimpanan yang baik. Nah dengan teknologi informasi, segala macam data dari hasil rekaman ataupun input langsung bisa disimpan dengan lebih baik.

Media penyimpanannya sendiri sangat beragam, mulai dari disket, tape, compact, hardisk dan lain sebagainya.

Mencari Kembali

Fungsi yang memungkinkan penggunanya untuk menelusuri guna mendapatkan kembali informasi ataupun menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan. Dalam masa kini juga sering disebut dengan proses copy.

Transmisi

Transmisi merupakan proses mengirim data ataupun informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain dengan melalui jaringan komputer. Contohnya ialah pengiriman data pembelian dari user C ke user lain.

Pemanfaatan Teknik Informasi

pemanfaatan teknologi informasi

Penggunaan atau pemanfaatan Teknik Informasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, yaitu untuk menunjang kehidupan yang jauh lebih baik.

Dengan adanya teknologi informasi, kehidupan dan kegiatan akan menjadi sangat terbantu serta lebih efisien dan efektif.

Berikut adalah beberapa bidang pemanfaatan Teknologi Informasi.

Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, penggunaan Teknik Informasi memiliki peran yang sangat besar terhadap kemampuan atau kepandaian siswa.

Dimana dengan menggunakan komputer, proses belajar mengajar akan menjadi lebih efektif. Selain itu komputer juga menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kreatifitas anak.

Bidang Industri dan Manufaktur

Manfaatnya ialah untuk merancang desain sebuah produk yang nantinya akan dikeluarkan pada sebuah industri atau manufaktur.

Bidang Bisnis dan Perbankan

Manfaat utamanya ialah untuk membantu penyimpanan berkas agar lebih aman. Juga memiliki manfaat untuk memudahkan kegiatan transaksi bisnis ataupun perbankan.

Bidang Kemiliteran

Salah satu manfaat nyata dalam bidang kemiliteran ialah bisa digunakan untuk navigasi kapal selam. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengendalikan pesawat luar angkasa baik dengan pengemudi maupun tidak.

Bidang Teknik dan Pengetahuan

Manfaatnya untuk mempelajari struktur tanah angina dan juga cuaca. Juga sangat bermanfaat untuk hal perhitungan.

Bidang Kedokteran

Dapat bermanfaat untuk mendiagnosa penyakit. Juga dapat dipakai untuk menggambarkan seluruh organ tubuh guna kemudahan proses pengobatan pasien.

Bidang Pemerintahan

Manfaat teknologi informasi untuk bidang pemerintahan ialah dapat mengelola suatu data serta informasi yang diperuntukkan untuk kepentingan bersama atau kepentingan masyarakat.

Bidang entertainment dan Permainan

Pemanfaatan dalam bidang ini akan memberi hasil, seperti membuat animasi, film, dan periklanan. Juga bisa membuat grafis maupun audio visual sehingga menjadi lebih menarik.

Bidang Kriminalitas

Bermanfaat untuk memudahkan apparat dalam memecahkan masalah kriminalitas. Selain itu juga bermanfaat untuk mempermudah deteksi pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas melalui sidik jari pelaku.

Dasar-Dasar Teknologi Informasi

Pada dasarnya Teknik Informasi dibuat guna mengetahui suatu nirlaba untuk individu maupun organisasi. Dari kata, etimologi informasi ialah suatu alat untuk membantu mencari pengetahuan yang bermanfaat atau dapat dikatakan sebagai sekumpulan data yang mempunyai korleasi/hubungan.

Informasi yang baik ialah memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Dengan begitu bisa jadi bahan untuk acuan produk. Jadi kesimpulannya, semakin banyak data informasi yang dimiliki maka akan semakin tinggi pula pengetahuan.

Nah perlu Anda ketahui. Pengelompokan IT  di bagi menjadi beberapa hal seperti di bawah ini.

Pengelompokan TI, yaitu:

  1. Tecnology input
  2. Tecnology output
  3. Soft ware
  4. Tecnology save
  5. Processing machine.

Fungsi TI, diantaranya:

  1. Capture
  2. Processing
  3. Generation
  4. Storage
  5. Retrieval
  6. Transmission.

Pemanfaatan TI, yaitu:

  1. Mengurangi Kompleksita
  2. Pengaruh Globalisasi
  3. Perlunya adanya respon cepat
  4. Tekanan persaingan bisnis.

Komponen yang diperlukan untuk membangun TI adalah:

  1. Hardware
  2. Software
  3. Perangkat otak/kecerdasan yang dimiliki manusia (brainware)
  4. Data, informasi dan pengetahuan.

Peranan Dasar TI menurut G.R Terry ialah:

  1. Fungsi operasional
  2. Fungsi monitoring and control
  3. Fungsi planning and decision
  4. Fungsi communication
  5. Fungsi organisational.

Tips Menjadi Pengguna Teknologi Informasi yang Baik

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, pernahkah Anda berfikir bagaimana cara menjadi pengguna atau user teknologi informasi yang memanfaatkannya semaksimal mungkin?

Untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi semaksimal mungkin, beberapa hal ini perlu Anda lakukan.

Memiliki Skill di Bidang IT

Hal pertama dan utama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat teknologi informasi secara maksimal ialah dengan mempelajari sehingga Anda memiliki skill yang bagus dalam bidang teknologi informasi.

Dalam hal ini skill yang dimaksud mencakup segala cabang bagian, baik skill dalam pengelolaan software atau perangkat lunak, skill dalam pengelolaan hardware atau perangkat keras dan juga skill pengelolaan data.

Dewasa ini sudah begitu banyak sektor pendidikan yang menawarkan pembelajaran skill tentang teknologi informasi. Dengan begitu, untuk memiliki pengetahuan dan skill IT bukanlah perkara yang sulit lagi.

Memaksimalkan Kreatifitas

Sebuah teknologi informasi tak akan pernah maju tanpa adanya kreatifitas. Seperti yang bisa Anda lihat saat ini, komputer-komputer, gadget, atau perangkat elektronik lain yang memiliki fitur menawan, semua itu adalah contoh dari kreatifitas.

Disini Anda berperan untuk mengembangkan kreatifitas sehingga bisa mendapatkan inovasi ataupun perubahan kecil pada apa yang Anda tahu sebelumnya tentang IT.

Memanfaatkan Peluang

Dalam hal ini yang dimaksud dengan pandai memanfaatkan peluang bukan hanya peluang dalam bisnis yang erat kaitannya dengan teknologi informasi.

Akan tetapi dalam bentuk pemahaman yang luas. Dimana Anda harus pandai memanfaatkan peluang kemajuan teknologi informasi kemudian mengembangkannya menjadi sesuatu yang bermanfaat baik bagi individu, kelompok atau pun masyarakat luas.

Namun untuk bisa memanfaatkan peluang secara maksimal, tentu Anda pun harus memiliki ilmu dan skill terlebih dahulu.

Peka Terhadap Perubahan

Setiap teknologi yang berhasil dicetuskan oleh para penemunya dalam kurung waktu tertentu pasti akan tergusur dengan teknologi lain. Dari perubahan ini Anda harus peka sehingga menjadi pionir dalam teknologi yang baru.

Jadi, selain mengikuti perkembangan teknologi informasi, menjadi peka terhadap perubahan yang mungkin akan terjadi di masa depan, baik terhadap teknologi informasi itu sendiri atau perubahan karena teknologi informasi itu sangatlah penting.

Selain beberapa tips di atas, tips sederhana lain yang perlu Anda lakukan adalah bijak dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi. Sebagai contoh gampang saja, sebagai pengguna sosial media Anda tentu harus cukup bijak dan berhati-hati.

Begitu banyak kasus pelanggaran hukum yang disebabkan karena ketidak bijakan penggunaan media sosial. Parahnya lagi, pelanggaran yang dipicu karena kesalahan di media sosial bukan hanya berdampak pada kehilangan harta benda, akan tetapi juga HAM serta nyawa.

Jadi mulai sekarang, Anda bukan hanya perlu mengerti pengertian teknologi informasi dengan segala komponen, fungsinya namun juga menjadi pengguna teknologi informasi yang bijak dan cerdas.

Nah, rangkaian informasi tadi semoga saja bisa memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi Anda. Selanjutnya, jangan malas dan pelit untuk membagi wawasan yang Anda miliki, sehingga orang di sekitar Anda juga bisa menikmati wawasan baru tersebut.

Baca Juga:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.