DMCA.com Protection Status
contoh etika bisnis

Pengertian Etika Bisnis, Prinsip, Tujuan dan Contoh Penerapannya

Dalam menjalankan bisnis, kemampuan mengatur strategi bukanlah satu-satunya kunci kesuksesan. Akan tetapi etika bisnis juga sangat berpengaruh pada kesuksesan Anda.

Dimana ketika Anda menerapkan etika bisnis dengan baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan link, line-up ataupun line-down.

Sayangnya tidak semua pebisnis paham dengan apa itu etika bisnis. Etika bisnis ialah cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup semua aspek yang berkaitan langsung dengan individu, perusahaan serta masyarakat.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

pengertian etika bisnis

Untuk lebih paham apa itu etika bisnis. Berikut ini paparan pendapat para ahli tentang pengertian etika bisnis.

Velasques

Studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Hill and Jones

Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Di mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

Yosephues

Etika Bisnis secara hakiki merupakan Applied Ethics (etika terapan). Di sini, etika bisnis merupakan wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis. Jadi, secara hakiki sasaran etika bisnis adalah perilaku moral pebisnis yang berkegiatan ekonomi.

Steade Et Al

Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

Bertens 

Etika bisnis bahkan lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar yang lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena dalam kegiatan bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum (2000).

Muslich

Etika bisnis adalah suatu pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal (2004:9).

Sumarni

Etika bisnis ini terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha (1998:21).

Drs. O.P Simorangkir

Etika bisnis suatu pandangan manusia saat melihat buruk dan juga baiknya perilaku manusia lainnya. Sementara Soergarda Poerbakawatja berpendapat bahwa etika adalah filsafat yang pada hakikatnya berhubungan dengan nilai-nilai, kesusilaan dan buruk baiknya suatu tindakan.

J. Sipllane SJ

Etika bisnis yakni tingkah laku yang akan ditunjukkan oleh manusia ketika akan mengambil keputusan. Dalam hal ini, akal budi atau pikiran manusia sangat berperan dalam menentukan salah atau benarnya tingkah laku individu ataupun kelompok pada orang lain.

A Mustafa

A Mustafa menjelaskan bahwa etika bisa dijadikan sebagai sebuah ilmu yang lebih fokus untuk menyelidiki perilaku baik buruknya manusia.

Caranya adalah dengan memperhatikan hal apa saja yang telah diperbuat oleh manusia yang diketahui oleh pikiran.

Tujuan Etika Bisnis

tujuan etika bisnis

Etika bisnis amat dibutuhkan oleh semua perusahaan baik perusahaan baru ataupun perusahaan yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis. Berikut ini adalah beberapa tujuan etika bisnis bagi pengusaha.

– Mendorong Kesadaran Moral

Dengan adanya etika bisnis yang diterapkan dalam sebuah perusahaan. Kesadaran moral dari pengusaha maupun setiap orang yang berhubungan dengannya akan semakin terbentuk.

Anda akan melihat perbedaan ini pada perusahaan yang menerapkan etika bisnis dan yang tidak menerapkannya. Pada perusahaan yang menerapkan sebuah etika lebih tertib dan teratur, serta dapat mengevaluasi kinerjanya dengan baik.

– Memberikan Batasan Bagi Pengusaha

Mengapa batasan dalam sebuah perusahan atau dalam bisnis sangat dibutuhkan? Karena melalui batasan-batasan inilah sebuah bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kesenjangan antara perusahaan satu dengan lainnya.

Dengan kata lain batasan yang dimaksud disini ialah batasan untuk hal yang merugikan satu pihak dengan pihak lain. Hal ini sangat perlu dilakukan demi terbentuknya sebuah etika sehingga menjadi hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

– Mencapai Good Bisnis

Bisa dikatakan tujuan utama dari diterapkannya etika dalam bisnis ialah untuk mencapai good bisnis. Dimana good bisnis bukan hanya akan menguntungkan satu pihak saja, namun semua pihak yang terkait di dalamnya.

Berbanding dengan money business atau dirty business yang pastinya akan membuat satu atau beberapa pihak dirugikan. Tentu saja karena kurang diperhatikannya sebuah etika dalam hal ini.

– Sumber Aturan

Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan yang berbeda dengan perusahaan lain. Tetapi secara universal, setiap kegiatan di bidang bisnis memiliki aturan yang hampir sama yaitu untuk mensejahterakan setiap pelaku bisnis tanpa merugikan pihak manapun.

Hal ini bisa dicapai ketika etika bisnis diterapkan, sebab dengan begitu pelaku bisnis akan diarahkan pada citra perusahaan yang baik. Sehingga untuk meraih sebuah tujuan bisnis bisa dianalisis dengan baik.

– Menciptakan Manajemen Bisnis yang Baik

Manajemen bisnis yang baik pun akan begitu terasa ketika penerapan etika bisnis dilakukan. Ya, tujuan penerapan etika bisnis ini salah satunya adalah untuk menciptakan manajemen bisnis yang baik.

Sehingga pihak luar akan lebih mempercayai bisnis Anda. Alhasil projek dengan pihak luar pun akan lebih mudah Anda dapatkan.

Dari 5 tujuan etika bisnis di atas, bisa disimpulkan jika etika bisnis bukan hanya menguntungkan satu pihak saja namun berbagai pihak yang terkait.

Yang terpenting, etika bisnis akan menghindarkan bisnis dari cara kotor dan licik yang hanya menguntungkan salah satu pihak saja.

Penipuan dan citra buruk terhadap suatu perusahaan pun akan terelakkan ketika etika bisnis diterapkan secara baik.

Tanpa disadari perusahaan atau pengusaha yang tidak menerapkan etika bisnis, akan sangat mudah melakukan pelanggaran hukum dan merugikan bisnis lain. Hal ini akan memicu kondisi yang tak kondusif bagi pesaing bisnisnya.

Tentunya hal semacam ini perlu ditanggulangi sejak awal, sebab setiap bisnis harus berjalan sejajar dan maju bersama tanpa menjatuhkan satu sama lain.

Prinsip Etika Bisnis

prinsip etika bisnis

Untuk menjalankan bisnis yang baik, setidaknya perlu dilakukan menurut 3 sudut pandang. Ya menurut Bertens, prinsip etika bisnis dirumuskan dalam 3 sudut pandang yaitu:

  • Dari sudut pandang ekonomi, bisnis yang baik ialah bisnis yang menghasilkan keuntungan tanpa menimbulkan kerugian bagi orang lain.
  • Dari sudut pandang hukum, bisnis yang baik ialah bisnis yang tidak melanggar aturan-aturan hukum.
  • Dari sudut pandang moral, bisnis yang baik ialah bisnis yang sesuai dengan ukuran moralitas.

Sedangkan menurut Sonny Keraf, ada 5 prinsip bisnis yang bisa dijadikan sebagai suatu pedoman untuk berperilaku dalam menjalankan praktik bisnis tersebut, yaitu:

Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi menunjukkan sikap kebebasan, kemandirian dan tanggung jawab. Orang yang mandiri ialah orang yang bisa mengambil suatu keputusan serta melaksanakan tindakan berdasarkan kemampuan sendiri sesuai dengan apa yang sudah diyakininya, bebas dari tekanan, hasutan maupun ketergantungan dengan pihak lain.

Maka, adanya prinsip otonomi dalam sebuah bisnis ini memudahkan setiap pelaku bisnis berkreasi dan berinovasi sebaik mungkin demi kemajuan bisnisnya. Dan hal ini tidak akan tercapai jika tidak ada prinsip otonomi.

Prinsip Kejujuran

Prinsip kejujuran menanamkan sikap jika apa yang dipikirkan ialah apa yang dikatakan, serta apa yang dikatakan ialah yang dikerjakan.

Prinsip ini juga menyiratkan kepatuhan untuk melaksanakan berbagai komitmen, kontrak serta perjanjian yang sudah disepakati.

Karena dari prinsip kejujuran inilah akan terbentuk sebuah value dari pelakunya sehingga kemajuan akan sangat mudah didapat.

Prinsip Keadilan

Dalam prinsip keadilan, pebisnis perlu menanamkan sikap untuk memperlakukan semua pihak dengan adil, yaitu suatu sikap yang tak membeda-bedakan dari berbagai macam aspek, baik aspek hukum, ekonomi ataupun aspek lain.

Prinsip keadilan inilah yang akan membuat sebuah perusahaan atau pelaku bisnis bisa tahan lama dalam mempertahankan posisinya.

Prinsip saling Menguntungkan

Pada prinsip saling menguntungkan, menanamkan kesadaran jika dalam berbisnis perlu ditanamkan prinsip win-win solution adalah wajib hukumnya.

Prinsip ini artinya dalam setiap keputusan serta tindakan bisnis harus diusahakan supaya semua pihak merasa diuntungkan.

Prinsip Integritas Moral

Prinsip integritas moral ialah prinsip agar tidak merugikan orang lain dalam segala keputusan serta tindakan bisnis yang diambil.

Prinsip ini dilandasi oleh kesadaran jika setiap orang harus dihormati harkat dan martabatnya.

Kesimpulannya, setiap prinsip yang dijabarkan oleh dua ahli tersebut semuanya menuntut bagi pelaku bisnis untuk berlaku baik demi mendapatkan good business.

Berbagai sikap dan pandangan yang bisa memicu terbentuknya etika bisnis yang baik.

Contoh Etika Bisnis

contoh etika bisnis

Setelah mengetahui pengertian etika bisnis dan tujuan diterapkannya etika bisnis, lalu bagaimanakah contoh penerapan etika ini dalam dunia nyata?

Di bawah ini adalah beberapa contoh etika bisnis yang bisa Anda terapkan sebagai pengusaha.

Menyebut Nama

Seorang pengusaha yang mengerti etika bisnis, biasanya akan menyebutkan nama orang secara lengkap ketika bertemu dengan orang lain, khususnya orang baru.

Hal ini begitu penting dilakukan untuk menunjukkan jika Anda memiliki etika yang baik, yaitu sangat menghormati lawan bicara.

Namun bagaimana jika nama lawan bicara terlalu panjang untuk diucapkan, Anda bisa menyingkatnya atau hanya memanggil dengan nama panggilannya saja.

Berdiri Ketika Berkenalan

Cara menunjukkan jika Anda menghargai lawan bicara khususnya orang baru bukan hanya dengan menyebutkan namanya, namun juga dengan berdiri ketika berkenalan.

Sikap ni juga bertujuan untuk mempertegas kehadiran Anda. Akan tetapi jika kondisi tidak memungkinkan Anda untuk berdiri dan berkenalan langsung, Anda cukup membungkukkan badan.

Begitu juga ketika bertemu dengan rekan bisnis, tidak ada salahnya jika Anda membungkukkan badan sebagai tanda salam atau saling hormat menghormati.

Selalu Tersenyum dan Ramah

Bagaimanapun pembahasan dan kondisi bisnis yang sedang Anda bicarakan dengan rekan bisnis, bersikap ramah dan selalu memperlihatkan raut wajah yang tersebut tetap harus Anda lakukan.

Dengan menunjukkan sikap tersebut sama dengan Anda telah menunjukkan sikap kedewasaan dan penerapan etika bisnis yang baik. Keramahan juga bisa membuat suasana menjadi lebih baik, sehingga good business lebih mudah dicapai.

Mengucapkan Terimakasih

Ucapan sederhana ini akan sangat berarti ketika Anda mengucapkannya dengan tulus. Sekecil apapun jasa yang orang lain berikan, jangan lupa untuk mengucapkan “terima kasih” padanya.

Sebagai contoh mudah ucapan terima kasih pada rekan bisnis yang sudah menyempatkan berkunjung ke kantor/kediaman Anda, seperti “terimakasih sudah datang”.

Namun disini Anda juga jangan sampai mengucapkan kalimat yang terkesan berlebihan. Sebab dengan terlalu banyak mengucapkan kalimat terima kasih, bisa jadi rekan bisnis Anda beranggapan jika Anda sangat membutuhkan jasanya.

Untuk itulah, tetap ucapkan terimakasih dengan kalimat yang sederhana namun penuh ketulusan.

Bayar Tagihan Saat Mengundang

Sering kali pertemuan bisnis dilakukan di luar kantor, semisal di restoran, café atau tempat lain. Secara otomatis tidak akan mungkin pertemuan tersebut hanya sebatas “pertemuan” saja.

Walaupun mungkin Anda tidak lapar atau haus, pastinya tak akan pantas jika Anda tak memesan makanan untuk rekan bisnis Anda.

Ingat ketika pertemuan semacam ini terjadi maka wajib bagi Anda untuk membayar tagihannya. Sekalipun rekan bisnis Anda menolak untuk dibayarkan, jangan biarkan ia membayar sendiri, sebab disini Andalah yang mengundangnya untuk datang.

Itulah pengertian etika bisnis, tujuan, prinsip serta contoh-contoh etika bisnis. Semoga dengan paparan singkat di atas Anda bisa lebih paham dan menerapkan etika ini dalam kehidupan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Itu Tak Semudah yang Dibayangkan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.