Adobe reader

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Sesuai Keinginan

KOMPRES PDF – Kecanggihan teknologi hari demi hari kian dirasakan manfaatnya oleh manusia. Banyak aktivitas manusia dapat terbantu dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah kegiatan memproses dokumen. Dalam dokumen dikenal istilah PDF yang merupakan jenis file yang berisi dokumen, dan sering kali ukuran file PDF sangat besar. Dan kita harus mencari cara mengecilkan ukuran file PDF.

PDF merupakan jenis ekstensi file dokumen. PDF memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah ketika kita menyimpan file dengan format PDF maka hasil dari sebuah dokumen tidak akan berubah bila dibuka dimanapun. Dan dengan tidak berubahnya isi layout dari dokumen memudahkan kita untuk membuka file dokumen tersebut ketika, tanpa harus menggunakan device saat membuat dokumen.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Adobe Reader

cara mengecilkan pdf dengan adobe reader

Cara yang pertama untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah dengan menggunakan aplikasi adobe reader. Pada dasarnya aplikasi adobe reader merupakan aplikasi yang digunakan untuk membaca dokumen dengan format PDF. Namun selain digunakan untuk membaca file PDF, adobe reader ternyata juga dapat mengecilkan ukuran file PDF dan hal ini menambah kegunaan dari adobe reader.

Adapun langkah-langkah yang harus anda untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan adobe reader adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Adobe Reader

Hal yang pertama anda harus lakukan adalah membuka program adobe reader yang sudah anda install di device anda. Jika anda belum menginstall aplikasi tersebut, anda dapat mendownloadnya di adobe reader.

2. Membuka file PDF anda

Setelah anda membuka aplikasi Adobe Reader di device anda, yang selanjutnya harus anda lakukan adalah membuka file pdf dari dokumen anda. Dan pastikan dokumen tersebut benar. Caranya adalah dengan meng-klik open dan kemudian cari file pdf yang ingin anda kecilkan ukurannya. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga file pdf terbuka.

3. Melakukan perintah Reduce Size

Langkah selanjutnya setelah file pdf anda terbuka adalah dengan melakukan perintah Reduce Size pada program adobe reader. Caranya adalah dengan men-klik file kemudian pilih Save As Other dan selanjutnya pilih perintah Reduce Size PDF.

4. Mengatur setting PDF

Setelah anda memilih perintah Reduce Size PDF, selanjutnya anda diharuskan untuk mengatur setting dari file PDF yang anda kecilkan. Dengan cara pada tab Make Compatible With anda pilih Retain Exiting dan kemudian pilih oke.

5. Menyimpan File

Setelah mengatur setting, anda dapat menyimpan file tersebut. Dan anda dapat mengganti nama file yang anda ingin kecilkan, agar nanti anda mudah membedakan file yang baru dan yang lama.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Tanpa Aplikasi

Dan bagi anda yang ingin mengecilkan ukuran file PDF anda, terdapat cara yang tidak menggunakan aplikasi. Dengan cara ini anda tidak perlu repot untuk menginstall program lain untuk mengecilkan ukuran file PDF dokumen anda. Dan tentu saja cara ini cocok untuk anda yang senang dengan hal simple dan hemat waktu.

Namun sebelumnya pastikan anda memiliki file dokumen anda dengan format doc, karena cara ini hanya berfungsi bila anda masih memiliki file dengan format doc tersebut. Dan adapun langkah yang harus anda lakukan setelah memastikan memiliki file doc adalah sebagai berikut.

1. Buka file dengan format doc

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, anda haruslah memiliki file dengan format doc. Artinya file tersebut adalah format sebelum anda membuatnya menjadi pdf, dan berikutnya bila anda sudah memilikinya anda pilih file tersebut anda klik Open with dan pilih word sebagai aplikasi untuk membuka file tersebut.

2. Pastikan file tersebut benar

Setelah anda membuka file doc tersebut dengan word, pastikan file yang anda pilih adalah benar. Kemudian pastikan layout yang ada sudah seperti keinginan anda sehingga nantinya pdf yang dihasilkan tidak memiliki masalah.

3. Menyimpan file dengan format pdf

Kemudian langkah selanjutnya setelah anda memastikan isi dari dokumen tersebut sudah benar, anda bisa langsung menyimpan file tersebut dengan format pdf. Caranya adalah dengan mengklik save as dan memilih format pdf.

4. Pilih perintah minimum size

Sebelum anda menyimpan file, ada hal yang perlu anda lakukan yaitu memilih pilihan untuk minimum size pdf. Dengan anda memilih perintah ini, maka nantinya file PDF yang dihasilkan akan memiliki size lebih kecil dari biasanya. Sehingga anda tidak perlu lagi untuk mengecilkannya melalui aplikasi lain.

5. Tunggu hingga proses selesai

Setelah memilih minimum size, anda hanya tinggal menunggu hingga proses penyimpanan file selesai. Dan pastikan ukuran file PDF anda telah sesuai dengan yang anda inginkan, selain itu pastikan juga bahwa isi dari dokumen PDF tersebut sama dengan dokumen anda sebelumnya.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

Cara selanjutnya untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah dengan menggunakan website (online). Dengan cara ini anda hanya memerlukan koneksi internet yang cukup kencang untuk melakukan pengecilan ukuran file PDF. Sehingga, cara ini sangat fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan anda memiliki koneksi internet.

Dan cara ini juga dikenal efektif saat situasi darurat, sehingga banyak menjadi pilihan banyak orang untuk mengecilkan ukuran file PDF secara online. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat ukuran file PDF lebih kecil secara online adalah sebagai berikut.

1. Buka website sodapdf.com

Ada banyak web yang dapat anda gunakan untuk melakukan pengecilan ukuran file PDF. Namun yang kali ini akan saya ajarkan adalah dengan web sodapdf.com, anda dapat mencari website lain sesuai selera anda. Karena pada dasarnya cara yang harus dilakukan adalah sama.

2. Pilih Kompresi File

Setela anda membuka website convert file PDF tersebut, anda harus memilih pilihan kompres file PDF. Hal ini dilakukan agar halaman untuk mengecilkan ukuran PDF akan muncul. Ketika halaman sudah muncul, anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Pilih File PDF yang Ingin di Kecilkan

Kemudian hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memilih file pdf yang ingin anda kecilkan ukurannya. Pastikan isi dari file PDF yang anda pilih benar, dan ini juga untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pengecilan ukuran file PDF.

4. Pilih Upload dan Klik kompres

Setelah anda memastikan file PDF tersebut sudah benar, anda dapat mengupload file tersebut kedalam website dan setelah anda mengupload file PDF tersebut, anda harus mengklik kompres dan tunggu proses yang dijalankan oleh website tersebut.

5. Periksa Kembali File PDF

Setelah anda menjalankan proses kompres anda harus menunggu beberapa saat, karena website tersebut sedang mengkompres file PDF anda. Setelah selesai pastikan file PDF yang sudah di kompres, berisi tulisan yang lengkap dan tidak terpotong oleh proses kompres file.

Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Nitro

Mengecilkan ukuran file pdf sesuai keinginan

Selanjutnya cara yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan ukuran file PDF anda adalah dengan menggunakan aplikasi Nitro. Nitro PDF merupakan salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk membaca file dengan format pdf. Selain dapat digunakan sebagai aplikasi untuk membaca file dengan format pdf, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit file pdf.

Dengan adanya fungsi tersebut membuat aplikasi Nitro pdf memiliki nilai plus. Salah satu fungsi edit nya adalah mengecilkan ukuran dari file PDF itu sendiri. Dan berikut ini adalah bagaimana cara untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan aplikasi Nitro PDF.

1. Membuka aplikasi Nitro PDF

Langkah pertama yang harus anda lakukan tentu saja membuka aplikasi Nitro PDF yang sudah anda install di PC anda. Bila anda belum menginstall, anda bisa download aplikasi ini di sini. Anda tinggal mencarinya saja dan kemudian menginstallnya.

2. Membuka File PDF yang anda miliki

Selanjutnya anda harus membuka file PDF yang ingin anda kecilkan dengan menggunakan aplikasi Nitro PDF. Caranya adalah dengan memilih tab open, lalu kemudian cari dan pilih file pdf mana yang anda ingin ubah ukurannya dan pastikan file tersebut benar agar dalam prosesnya tidak terjadi masalah.

3. Menjalankan Perintah Print dan pilih Nero PDF Creator

Kemudian anda jalankan perintah print pada aplikasi Nitro PDF anda. Namun jangan anda print terlebih dahulu. Pilihlah bagian Nero PDF Creator pada bagian setting. Bagian Nero PDF creator berfungsi untuk membuat file PDF sebelum anda print.

4. Atur Settingan PDF

Setelah itu hal yang perlu anda lakukan adalah mengatur settingan PDF yang anda inginkan. Selanjutnya anda memilih properties dan akan muncul jendela conversion quality. Pada tab tersebut anda pilih costume dan ubah downsample(DPI) menjadi 72. Dan kemudian klik OK.

5. Beri nama file PDF dan tunggu hingga proses selelsai

Setelah itu anda tinggal memasukkan nama file yang anda inginkan terhadap file pdf tersebut. Bila sudah selanjutnya anda tinggal menunggu proses hingga file tersebut selesai di simpan.

Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Foxit Reader

mengecilkan file pdf sesuai yang diinginkan

Foxit reader merupakan salah satu aplikasi pembaca file PDF yang populer. Aplikasi ini dikenal karena ringan dan tidak memberatkan sistem kerja komputer. Dan dengan adanya foxit reader membuat pekerjaan manusia dalam mengolah dan memproses data semakin mudah. Selain sebagai pembaca file PDF, bagi anda yang ingin mengecilkan ukurna file pdf dapat melakukannya dengan aplikasi ini.

Berikut ini adalah bagaimana langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran file pdf dengan foxit reader:

1. Membuka file pdf dengan foxit reader

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka file pdf dengan menggunakan foxit reader. Caranya adalah dengan memilih file pdf lalu kemudian klik open with dan pilih foxit reader.

2. Melakukan proses kompres

Setelah anda membuka file dengan foxit reader, selanjutnya adalah anda harus menjalankan proses kompres. Cara nya adalah dengan memilih save as lalu kemudian memilih minimum size pdf.

3. Beri nama file dan tunggu hingga proses selesai

Selanjutnya adalah anda harus memberi nama file PDF anda dan kemudian tunggu hingga proses kompres file selesai. Setelah selesai pastikan file pdf anda utuh dan tidak ada yang kurang.

Dengan banyaknya cara mengecilkan ukuran file pdf, diharapkan anda tidak perlu lagi kesulitan dalam melakukan pengecilan dari file PDF tersebut. Dan dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah pengetahuan anda.

BACA:

Leave a Reply