DMCA.com Protection Status
laptop cepat

Cara Mengatasi Laptop Lemot pada Windows 7 , 8 , dan 10

Tutorial cara mengatasi laptop lemot dan mengetahui sebab-sebabnya ini perlu untuk diketahui. Unsur praktis dan mudah dibawa kemana-mana yang melekat pada Laptop membuatnya kini diminati oleh sebagian besar orang. Banyak orang beralih ke laptop daripada menggunakan PC seiring kebutuhan.

Meski lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana, laptop juga bisa mengalami penurunan perfroma seiring waktu berjalan. Salah satunya adalah kinerja laptop yang lemot. Beberapa faktor mengapa laptop lemot atau lambat antara lain:

  • Terlalu Banyak Startup Programs
  • Usia Harddisk yang Sudah Terlalu Tua
  • Hard disk Terlalu Penuh, Ruang Penyimpanan Terlalu Sedikit
  • Browser Terlalu Banyak Add-ons
  • Terlalu Banyak Aplikasi yang Dijalankan dalam Satu Waktu
  • Browser Terlalu Banyak Tabs yang Dibuka
  • Laptop Terkena Virus
  • RAM Laptop Terlalu Kecil
  • Antivirus di Laptop Terlalu Aktif
  • Anda Jarang Melakukan Update OS di Laptop Anda.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Berikut ini kita akan bahas satu-persatu penyebab laptop lemot tersebut dan cara mengatasinya. Cara mengatasi laptop lemot windows 10 atau windows 7 sama saja. Sebab, penyebabnya bukan terletak pada operasional windowsnya, melainkan pada laptopnya sneidir.

1. Mengatasi Laptop Lemot Saat Browsing

browsing internet

Kasus yang pertama adalah laptop lemot saat browsing. Bagaimana cara mengatasinya? Saat proses browsing atau berselancar di dunia internet, kita sering merasakan laptop kita lemot atau lebih lambat dari biasanya.

Padahal idealnya, kita menginginkan mengakses internet dengan cepat sehingga mampu menyelesaikan berbagai keperluan. Berikut ini cara mengatasi laptop lemot saat browsing, di antaranya:

– Optimalkan Browser

Browser bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop anda lemot. Pemilihan browser sangat penting untuk menunjang performa laptop sesuai dengan spesifikasi laptop kita. Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah dua browser yang paling sering digunakan saat ini.

Namun jika spesifikasi laptop anda minim, beralihlah ke browser yang lebih ringan. Seperti contohnya, penggunaan browser Palemoon bisa menjadi alternative.

Selain itu, history dan cache yang merupakan tumpukan data sejak kita browsing dulu perlu dihapus agar tidak menambah beban laptop. Ada baiknya pada browser, anda melakuan pembersihan cache dan history secara berkala.

Pada browser, juga tidak dianjurkan untuk terlalu banyak add-ons atau aplikasi tambahan. Terlalu banyak add-ons juga bisa memengaruhi kecepatan kinerja laptop.

Laptop lemot juga bisa terjadi pada browser yang membuka banyak tab. Untuk itu, solusinya tentu saja dengan menutup tab itu dan tidak membuka tab lebih banyak lagi.

– Matikan Aplikasi Lain selain Browser

Terkadang keadaan memaksa kita untuk mengerjakan sesuatu secara multitasking (menjalankan dua program/aplikasi atau lebih secara bersamaan) agar pekerjaan lebih cepat selesai.

Jika seperti ini maka lebih baik tutup program lain tersebut dan fokus dulu kepada browser yang sedang melakukan proses browsing untuk mengurangi beban RAM.

– Lindungi Laptop dengan Antivirus

Salah satu penyebab laptop lemot saat browsing adalah karena terjangkit virus atau malware. Maka kita menggunakan antivirus terbaik untuk menangkal hal tersebut.

Tetapi banyak juga antivirus yang membutuhkan resource memori yang tidak sedikit sehingga malah membuat laptop makin lemot. Apalagi jika antivirus tersebut mempunyai fitur pengamanan internet, kinerja laptop bisa semakin berat.

Oleh karena itu, gunakanlah antivirus yang efektif sekaligus ringan. Gunakanlah hanya satu antivirus dan tidak terlalu memakan resource di memori. Sebagai contoh, antivirus asal Indonesia, Smadav. Selain itu, berhati-hati saat melakukan browsing agar terhindar dari serangan virus komputer.

Jangan masuk situs-situs yang diduga merupakan situs berbahaya yang penuh dengan virus, jangan download aplikasi yang tidak jelas asalnya dan tidak memasukkan flashdik ke laptop.

2. Mengatasi Laptop Lemot Saat Booting

laptop booting

Kasus ketiga yang sering kita alami adalah laptop lemot saat melakukan booting (pertama kali menyala). Pada dasarnya hal paling umum yang menyebabkan hal tersebut adalah banyaknya program yang harus dijalankan pada saat laptop melakukan start up.

Start up adalah proses yang harus dilalui laptop mulai dari pertama kali tombol power ditekan hingga muncul tampilan sistem operasi laptop. Beberapa langkah untuk mengatasi lambatnya proses start up pada laptop antara lain;

– Hapus program dan file yang tidak penting saat startup

Cara pertama paling efektif yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses startup lapotop anda adalah menghapus dan mematikan program atau aplikasi yang berjalan saat startup.

Ini akan mempercepat startup karena menghemat kapasitas memori yang digunakan. Jika laptop anda memiliki system operasi Windows, anda bisa mematikannya dengan cara:

  • Masuk ke menu RUN, atau langsung tekan tombol windows dan R
  • Ketik msconfig kemudian tekan enter
  • Anda akan dihadapkan pada menu window msconfig. Pada tab, plih tab startup.
  • Akan ada banyak pilihan program atau aplikasi yang berjalan saat startup.
  • Hilangkan centang pada daftar aplikasi tersebut, misalnya aplikasi yang ingin dikurangi saat startup adalah Winamp, dropbox dll.
  • Klik OK dan segera restart laptop anda.

– Mematikan suara pada saat startup

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik Start, pilih Control Panel
  • Masuk ke Control Panel, pilih tab bagian Sound.
  • Pada bagian bawah hilangkan centang pada pilihan enable system startup sound.
  • Klik OK

– Non-aktifkan User Account Control

Cara ini juga bisa mempercepat startup pada laptop. Untuk melakukan ini, terlebih dahulu anda harus login sebagai adiministrator dan melakukan set permissions pada mode off.

  • Setelah itu, langsung saja klik tombol start, cari User Account Control dan klik enter
  • Saat muncul jendela User Account Control, pilih User Account Control Setting.
  • Anda akan mendapati sebuah slider pada bagian kiri, turun terus slider tersebut hingga paling bawah lalu pilih Never Notify
  • Klik OK

3. Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Hang

laoptop hang

Jika laptop sudah terlalu lama dan mengalami keadaan hang, maka anda perlu meneliti lebih lanjut penyebabnya. Hang adalah keadaan dimana laptop berhenti memproses perintah, sehingga tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan jika mengalami masalah laptop hang:

Masuk ke Mode BIOS jika laptop mengalami hang saat proses booting

Langkah pertama yakni restart laptop anda, tekan terus tombol F2 hingga tampil jendela masuk BIOS. Tiap merk laptop berbeda-beda untuk masuk ke menu BIOS, ada pula selain F2 tombol yang ditekan.

Setelah masuk ke BIOS, pilih Advanced BIOS Features, cari Bios Cache, kemudian pilih disable. Simpan dengan menekan F10, lalu enter

  1. Jika laptop mengalami hang saat baru dinayalakan maka kemungkinan penyebab masalahnya adalah program windows yang bermasalah. Program windows bisa jadi karena missing file system, corrupt atau terkena virus. Langkah yang dilakukan adalah scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan Antivirus.
  2. Jika laptop mengalami Not Responding saat menjalankan suatu program, maka cara yang dilakukan adalah membuka task manager. Penjelasan soal task manager akan dijelaskan di pembahasan selanjutnya.

4. Mengatasi Laptop Lemot dengan Task Manager

task manager

Cara terakhir yang efektif untuk mengatasi laptop lemot adalah melalui task manager. Task Manager biasanya dibuka untuk mematikan program atau aplikasi yang berjalan di background. Anda bisa membuka Task Manager dnegan shortcut  tombol Crtl+Shift+Esc. Klik More Details untuk melihat lebih lengkap Task Manager.

Sementara untuk emmatikan program atau aplikasi yang sedang berjalan di background, plih Startup. Anda akan melihat berbagai program atau aplikasi yang berjalan di background.

Pilih aplikasi atau program yang menurut anda ‘menganggu’ kinerja laptop, klik kanan dan pilih “disable”. Tidak perlu khawatir karena tidak mematikan aplikasi lalu tidak bisa digunakan lagi, melainkan program ini hanya berhenti tiap kali anda menyalakan laptop kembali.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Aplikasi

laptop cepat

Salah satu cara mengatasi laptop tanpa aplikasi tambahan adalah dengan cara penggantian hardware (perangkat keras) pada laptop. Cara yang bisa mengubah kecepatan kinerja laptop yang paling signifikan adalah mengganti harddisk bawaan dengan SSD (Solid-State Drive).

SSD adalah media penyimpanan yang menggunakan memori mantap atau memori tak gabar (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan piringan magnetis seperti hard-disk konvensional.

SSD memang kerap digunakan belakanagn ini untuk menggantikan harddisk. Hardisk nampaknya sudah terlalu lama dikenal sebagai storage komputer dan laptop karena harganya yang murah dan bawaan dari laptop.

– Ganti Harddisk dengan SSD

Sementara SSD menjanjikan kecepatan transfer data 5 kali lebih cepat dari pada harddisk. Bentuk SDD menyerupai flashdisk namun dengan ukuran besar. Tidak seperti harddisk yang berbentuk piringan berputar, SDD adalah papan elektronik yang terdiri dari seperangkat register super cepat dalam memproses infromasi yang masuk.

Keunggulan lain SSD adalah ia benar-benar senyap, karena tidak memiliki perangkat yang berputar. Sementara Harddisk jika sudah termakan usia, kadang berdencit. SDD secara fisik memang lebih ramping dari Harddisk.

Meski demkian, anda tak perlu khawatir SDD muat di laptop anda atau tidak. SDD sudah disesuaikan dengan bentuk Harddisk maka jika anda ingin mengganti Harddisk ke SDD maka sangat mungkin dilakukan.

Proses pergantian Harddisk ke SDD cukup mudah dan minim risiko. Anda hanya perlu membuka casing laptop, lepas harddisk lama, dan masukkan SSD untuk menggantinya.

Kemudian lakukanlah instal ulang laptop anda. Proses install ulang ini sudah terasa cepat akibat oenggantian SDD. Yang paling terasa tentu saat booting, yang hanya berlangsung 20-30 detik saja.

– Ganti RAM

Hardware yang bisa diganti untuk mempercepat kinerja laptop adalah RAM (Random Access Memory). RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika computer dijalankan dan dapat diakses secara acak.

Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada laptop. Langkah-langkah mengganti RAM sangat mudah bisa dilakukan sendiri. Pertama-tama cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop, termasuk charger dan baterai laptop. Buka penutup RAM yang ada di bagian bawah laptop, di samping penutup baterai.

Kemudian akan terlihat satu keeping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot. Selanjutnya tinggal ganti saja RAM tersebut dengan RAM yang telah anda beli/siapkan. Setelah terpasang, tutup kembali RAM seperti semula. Nyalakan laptop seperti biasa, karena penambahan RAM tidak memerlukan instalasi apapun. Baca Juga: 5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.