cara mematikan update windows 10

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah (100% Works)

Cara mematikan update windows 10 adalah sebuah solusi bagi anda yang terganggu dengan sistem otomatis yang dimiliki Windows ini. Beberapa tahun terakhir ini PC dan laptop mengalami perkembangan untuk sistem Windows-nya. Saat ini, Windows yang kebanyakan digunakan pada PC dan laptop baru adalah Windows 10.

Ada banyak kecanggihan yang ada di dalamnya dibandingkan dengan versi sebelumnya, hanya saja versi ini sering kali update sendiri. Apalagi ketika tersambung dengan jaringan Wi-Fi. Mungkin saja Anda juga sering mengalami hal yang sama, dimana software sering mengalami update.

Baik itu sebagai syarat agar kinerja Windows 10 semakin baik atau juga menambahkan fitur terbaru. Kadang kala update yang dilakukan ini kerap tidak sesuai dengan PC Anda sehingga justru akan merepotkan. Anda tidak perlu merasa khawatir sebab ada banyak cara untuk mematikan update otomatis yang ada pada Windows 10.

Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

cara mematikan update pada windows 10

Dengan adanya cara mematikan update ini, Anda pun dapat menghindari malfungsi dari aplikasi dan fitur yang ada di PC. Berikut ini adalah cara untuk mematikan Windows update windows 10 yang dijamin irit kuota internet dan tidak akan membuat kantong Anda jebol.

1. Mematikan Update Windows 10 dengan Cara Disable Windows Update

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mematikan update Windows 10 secara permanen atau sementara pada pc adalah dengan disable Windows update. Dimana Windows update akan diputus secara manual. Anda pun tidak membutuhkan software atau aplikasi yang lainnya. Anda pun hanya perlu membuka menu Control Panel. Cara lebih mudahnya ada di bawah ini:

Buka Control Panel

  • Klik kanan pada start menu kemudian pilih Control Panel

buka control panel

  • Kemudian, anda bisa pilih System and Security lalu pilih bagian Administrative Tools

cara mematikan update windows 10

langkah mematikan update windows 10

  • Setelah anda menekan tombol di bagian Adminstrative Tools, maka akan muncul halaman baru berisikan berbagai macam tool dengan fungsi-fungsi yang berbeda-beda, kemudian anda harus pilih Services.
  • Di dalam menu service, akan terdapat opsi kembali. Anda bisa mencari opsi dengan nama Windows Update kemudian klik dua kali agar bisa masuk dan membuka halaman Windows Update Properties.

mematikan update windows 10

  • Jika telah terbuka, maka Anda hanya perlu untuk mengubah pilihan Startup type jadi Disabled serta klik tombol Stop yang ada di pilihan Service status.
  • Lanjutkan dengan tekan OK jika sudah muncul.

Dengan cara mematikan update Windows 10 di atas, kini Anda telah terhindar dari automatic Updates. Apabila Anda ingin menyalakan update kembali, maka tinggal ikuti langkah yang ada di atas lagi dan di halaman Windows Update Properties, kemudian dikembalikan ke setting di posisi awal.

2. Mematikan Auto Update Windows 10 Melalui Metered Connection

Metered connection adalah cara mematikan auto update di Win 10 yang terakhir. Cara ini juga mudah seperti beberapa cara yang sebelumnya. Anda hanya perlu klik kanan pada bagian Wi-Fi yang telah tersambung pada PC kemudian pilih properties.

Cara mematikan auto update yang ada pada Windows 10 ini hanya bisa dipakai apabila Anda memakai jaringan Wi-Fi. Caranya juga mudah yakni dengan mengaktifkan Metered Connection. Berikut ini cara adalah cara mudahnya:

  • Klik kanan di nama jenis Wi-Fi yang sudah terhubung dengan PC Anda, pilih menu properties

mematikan update otomatis windows 10

  • Klik slide bar pada menu Set as metered connection.

BACA JUGA: Cara Aktivasi Windows 10 dengan Mudah

Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Pro

Cara mematikan Windows update di Windows 10 pada langkah yang kedua ini hanya bisa Anda terapkan apabila Anda memakai Windows 10 untuk versi yang Professional, Enterprise, serta Education.

1. Matikan Melalui Configure Automatic Updates

Berikut ini adalah cara untuk mematikan update pada Windows 10:

  • Klik logo Windows yang ada pada keyboard secara bersamaan dengan huruf R
  • Kemudian ketik gpedit.msc serta klik OK

cara mematikan update windows 10 otomatis

  • Pilih Computer Configuration kemudian klik Administrative Templates.
  • Klik dua kali pada Configure Automatic Updates kemudian pilih Disabled lalu klik OK.

mematikan update windows 10

Selanjutnya ganti dengan menu Enable yang ada di bagian Configure Automatic Updates.

Di atas adalah 3 cara mematikan update otomatis Windows 10 yang bisa Anda pakai untuk mengatasi masalah update secara berkala. Hal tersebut tentunya bergantung pada penggunaan PC serta tipe Windows 10 yang Anda gunakan. Anda bisa langsung mencoba cara di atas sekarang. Semoga bermanfaat.

Kelebihan Fitur Windows 10

kelebihan windows 10

Selain cara mematikan update otomatis pada win 10 di atas. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh fitur Windows 10. Anda yang pengguna windows 10 perlu tahu akan hal ini.

1. Akses Start Baru

Windows 10 ternyata bisa digunakan untuk mengembalikan cita rasa dari Start Menu yang sempat hilang dalam versi Windows 10. Di sini Anda pun dapat mengakses berbagai macam pekerjaan, mulai pekerjaan dengan aplikasi, menu komputer sampai opsi Shutdown dan Restart.

Menampilkan Start Menu baru pada tampilan yang lebih simpel, Anda dapat menekan tombol shortcut tombol Windows+X. Anda juga dapat mengaksesnya dengan cara klik kanan di logo Windows.

2. Disk Cleanup

Kapasitas hardisk yang biasanya hampir  penuh akan menjadikan kinerja komputer terasa sangat lemot. Anda pun dapat membersihkan masalah satu ini dengan mengakses adanya fitur Disk Cleanup. Caranya sangat mudah, berikut langkah lengkapnya.

  • Tekan tombol Windows serta ketik disk cleanup. Apabila sudah muncul pilih aplikasi Disk Cleanup dari tampilan
  • Pilih drive yang  hendak Anda bersihkan. Secara otomatis sistem operasi dari Windows akan melakukan scanning di file sampah yang telah terdeteksi
  • Pilih folder apa saja yang ingin dihapus kemudian klik OK.

3. Windows Defender Penghapus Malware

Sebenarnya versi Windows 10 telah memberikan aplikasi sebagai antivirus agar dapat menangkal serangan dari malware dengan nama Windows Defender. Anda bisa mengaktifkan pengamanan secara realtime, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows Kemudian ketikkan Windows defender. Apabila telah muncul pilih aplikasi Windows Defender di layar
  • Pastikan Real-time protection masih dalam keadaan aktif atau default Windows 10 akan kembali mengaktifkan fitur ini

Jika belum, Anda bisa ke menu Settings kemudian aktifkan Real-time protection agar bisa mengaktifkan fitur ini.

4. Membuka Jendela Talks Bar dengan Cepat

Terkadang Anda membuka banyak sekali aplikasi sekaligus sehingga menjadikan taskbar dari Windows 10 penuh kan? Nah agar bisa mengakses dengan super cepat, Anda bisa mengombinasikan tombol Windows dengan baris nomor yang ada bagian atas. Jangan lupa untuk sesuaikan pada urutan aplikasi di taskbar ya guys.

5. Fitur Quick Assist

Tidak semua dari pengguna sistem operasi Windows 10 merupakan pengguna ahli serta paham tentang komputer. Beberapa diantara orang tersebut juga bisa jadi gaptek atau gagap teknologi, contohnya saja untuk orang tua.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah pemakaian Windows 10, Anda dapat memakai fitur Quick Assist dengan cara berikut:

  • Tekan tombol Windows Serta ketik quick assist serta pilih aplikasi Quick Assist
  • Pilih saja mode Get Assistance maupun Give Assistance serta ikuti perintah di layar selanjutnya.

Itulah beberapa Kelebihan Windows 10 yang terdapat dalam fitur-fiturnya. Bagaimana? Mudah bukan cara mematikan auto update Windows 10 ini. Selamat mencoba ya semoga bermanfaat.

Leave a Reply