DMCA.com Protection Status
Windows 10

Cara Install Windows 10

Selamat datang di website FlipStart PC. Kali ini saya akan membagikan cara install windows 10 dengan mudah dan cepat. Bagi kamu pengguna Windows 10 Pro, Home, ataupun Enterprise, bisa menggunakan tutorial ini untuk install windows secara permanen.

Namun sebelum memulai instalasi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan lebih dulu. Pertama kamu perlu back up lebih dulu data-data penting yang ada di laptopmu. Selanjutnya simpan sereal number dalam catatan, atau bisa juga simpan bersama back up file langkah pertama.

Tambahan: Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan untuk menikmati masa lajangmu menunggu instalasi windows 10. Karena proses install ini akan memakan waktu yang tidak sebentar.

Cara Install Windows 10 dengan DVD

Cara Install Windows 10

– Hubungkan CD ke Komputer

Jika kita melakukan instalasi menggunakan media flahsdisk maka hubungkan terlebih dahulu flashdisk yang berisi master instalasi ke komputer kita.

– Masuk menu BIOS

Cara Install Windows 10 dengan DVD

Setelah itu nyalakan komputer. Lalu masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del secara terus menerus. Namun tidak semua laptop menggunakan tombol tersebut untuk masuk ke menu BIOS.

Hal ini tergantung pada motherboard yang digunakan. Selain tombol del beberapa komputer juga menggunakan tombol F1, F2, F10, F12 dan juga ESC.

Beberapa merk laptop juga mengharuskan kita untuk menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol-tombol tersebut.

– Atur Primary Boot

Install Windows 10 dengan DVD

Setelah masuk ke BIOS selanjutnya pilih tab menu Boot dengan cara menggesernya menggunakan tombol arah yang ada pada keyboard. Secara Default posisi pertama atau paling atas adalah Hard Drive.

Nah, disini kita akan menggantinya menjadi CD ROM Drive atau Removable Devices jika menggunakan flashdisk. Setelah itu masukkan DVD installer Windows 10 jika kita instal windows 10 dengan DVD.

– Keluar Menu BIOS

Cara Install Windows 10 dengan DVD

Simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol F10 atau bisa juga dengan memilih menu Exit lalu pilih Save Configuration Changes. Setelah itu pilih Yes.

Setelah kita melakukan setting Boot pada BIOS maka komputer kita akan secara otomatis melakukan restart.

Nah disini saatnya kita melakukan proses instalasi.

– Pencet Sembarang Keyboard

Cara Install Windows 10 dengan DVD

Setelah proses restart berjalan maka akan muncul jendela hitam dengan tulisan Press any key to boot from CD or DVD. Tekan tombol apapun di keyboard untuk masuk ke proses instalasi.

– Atur Waktu dan Tempat

Cara Install windows 10

Setelah itu akan muncul jendela Windows Setup. Setting bahasa dan juga Waktu. Pilih English pada bagian Language to install. Lalu pada bagian Time and currency format ubah menjadi Indonesian (Indonesia).

Pada bagian Keyboard or input method biarkan saja secara default. Setelah itu klik Next.
Selanjutnya klik saja Install Now.

– Setujui Lisensi

Install Windows 10 dengan DVD

Lalu akan muncul jendela persetujuan. Klik pada I accept the license terms hingga muncul tanda centang di kotak tersebut. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

– Pilih Custom Advance

INSTALL WINDOWS 10

Akan ada dua tipe instalasi yang muncul. Pilih pada opsi Custom : Install Windows Only (advanced).

Partisi Hardisk

Cara Install Windows 10 dengan DVD

Disini akan muncul partisi hardisk pada komputer kita. Setelah itu hapus partisi sistem C dengan cara klik pada partisi tersebut selanjutnya pilih delete. Disini kita harus berhati-hati jangan sampai kita salah dalam mengahapus partisi.

Setelah partisi tersebut terhapus. Buat partisi baru dengan cara klik pada Unallocated Space lalu klik new. Maka secara otomatis akan terbentuk sebuah partisi baru dimana di dalam partisi tersebut akan kita instal Windows 10. Untuk partisi ke 2 dan ke 3 merupakan partisi penyimpanan lain.

CARA INSTALL WINDOWS 10

Untuk memulai proses instalasi klik pada partisi baru tersebut selanjutnya pilih Next. Lalu Klik OK untuk membuat system reserved partition.

CARA INSTALL WINDOWS 10

Kemudian klik Apply.

– Proses Instalasi Windows 10 Berjalan

CARA INSTALL WINDOWS 10

Selanjutnya proses instalasi akan berjalan. Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit. Tunggu hingga proses tersebut selesai. Jika proses selesai maka secara otomatis komputer akan melakukan restart.

Nah jika kita menggunakan flashdisk kita harus segera mencabut flashdisk tersebut dari komputer kita. Karena jika tidak maka akan masuk ke proses instal lagi. Namun jika kita menggunakan CD kita tidak perlu mengeluarkannya.

– Masukkan Product Key

INSTALL WINDOWS 10

Setelah itu akan muncul jendela product key. Masukkan product keydari installer yang kita gunakan. Selanjutnya klik Next.

Namun apabila kita belum mempunyai product key kita bisa mengisikanya nanti dengan cara menekan tombol Do this later, karena cara install windows 10 ini bisa dilakukan dengan tanpa produk key.

– Setting

CARA INSTALL WINDOWS 10

Setelah itu, pada jendela Get going fast akan muncul dua pilihan Customize dan juga Use Express setting. Pilih saja Use Express setting. Selanjutnya klik I own it lalu klik next.

– Login Akun Microsoft

CARA INSTALL WINDOWS 10

Pada jendela ini kita disuruh login menggunakan akun microsoft kita. Jika kita sudah memilikinya dan komputer tersebut terdapat akses ke internet kita bisa melakukan login sekarang. Lalu klik Sign In.

Namun apabila tidak, kita bisa melakukan login nanti dengan cara klik opsi Skip this step yang berada di bagian kiri bawah.

– Atur Nama dan Password

CARA INSTALL WINDOWS 10

Setelah itu silahkan masukkan nama dan juga password. Namun untuk bagian password kita bisa melewatinya apabila kita tidak ingin menggunakan password untuk mengakses komputer kita. Setelah itu klik Next.

– Windows 10 berhasil di Install

CARA INSTALL WINDOWS 10

Akan muncul jendela Windows stays up to date to help protect you in an online world. Tunggu sebentar hingga jendela tersebut menghilang.

Dan selamat, windows 10 sudah berhasil di install

CARA INSTALL WINDOWS 10

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk

Untuk melakukan instalasi dengan menggunakan flashdisk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Install Rufus

Cara install windows 10

Sumber: Nesabamedia.com

Pertama-tama anda harus menginstall Rufus terlebih dahulu. Filenya bisa anda download di sini.

– Masukkan Flashdisk ke Laptop

Masukkan flashdis ke komputer / laptop, kemudian buka program Rufus. Flashdisk anda akan otomatis terdeteksi. Setelah itu, klik tombol DVD drive seperti yang telah saya beri panah.

– Cari lokasi file ISO windows 10

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Sumber: Nesabamedia.com

Cari lokasi file ISO windows 10, lalu pilih Open. Pastikan filenya berformat ISO

– Bootable Flashdisk

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Sumber: Nesabamedia.com

Anda juga bisa mengubah nama flashdisknya jika perlu pada New volume label. Untuk pengaturan lainnya tidak perlu diubah, biarkan default. Lalu pilih Star untuk memulai proses pemindahan file ISO kedalam flashdisk.

Setelah itu, anda akan mendapat notifikasi yang berisi bahwa semua data yang terdapat pada flashdisk akan dihapus. Untuk itu pastikan lebih dulu jika ada data penting pada flashdisk sudah dipindah. Jika sudah, lalu pilih OK.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

– Proses pemindahan File

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Sumber: Nesabamedia.com

Proses pemindahan file berlangsung. Proses ini memakan waktu beberapa menit saja. Jika progress bar yang warnanya hijau sudah penuh, maka flashdisk sudah siap digunakan untuk instalasi windows 10. Media instalasi sudah siap.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Sumber: Nesabamedia.com

– Setting BIOS

Install Windows 10 dengan Flashdisk

Sumber: Nesabamedia.com

Pastikan anda tidak mencabut flashdisknya. Setelah itu, restart laptop atau PC anda. Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS. Tombol paling umum yang bisa digunakan untuk dapat masuk pada BIOS adalah DEL, F1, F2, F10 atau Fn+F2, tergantung jenis laptop dan motherboard anda.

Anda akan melihat tampilan BIOS seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, arahkan pada tab Boot menggunakan tombol ◄ ►

Seperti yang dilihat pada menu Boot, bahwa yang berada diurutan pertama adalah Hard Drive. Dengan kata lain, komputer atau laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.

Agar komputer anda booting pertama kali dari flashdisk, maka anda perlu menempatkan Removable Devices diurutan pertama. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara pilih Removable Devices lalu menggesernya menggunakan tombol +/- sampai urutannya di posisi teratas.

Catatan:

Biasanya BIOS akan langsung mendeteksi flashdisk anda sesuai merk flashdisknya misal USB Kingston atau Thosiba bukan dengan nama Removable Devices.

– Simpan Perubahan Setingan

Untuk menyimpan setting yang telah anda lakukan, pindah ke tab Exit, pilih Exit Saving Changes kemudian pilih Yes. Atau anda bisa langsung menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

Install Windows 10 dengan Flashdisk

– Proses Akhir

Setelah selesai melakukan setting di BIOS, langkah berikutnya adalah sama dengan cara melakukan install windows 10 dengan DVD seperti pada keterangan di atas.

Pembangun Microsoft
Dirilis ke
manufaktur
15 Juli 2015; 3 tahun lalu
Ketersediaan
untuk umum
29 Juli 2015; 3 tahun lalu
Rilis terbaru 1809 (10.0.17763.195) / 19 Desember 2018; 6 bulan lalu
Metode update Windows Update, Bursa Windows, Windows Server Update Services
Platform IA-32, x64, ARMv7
Tipe Kernel Hibrida (Windows NT)
Didahului oleh Windows 8.1 (2013)
Situs resmi www.microsoft.com/windows
Status dukungan

Selamat mencoba, semoga berhasil ………

BACA ARTIKEL TERKAIT: 

 

No Responses

  1. Pingback: Cara Update Windows 10 - FlipStart PC 15 Juli 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.