DMCA.com Protection Status

6 Alat Bantu Nafas dengan Teknologi Canggih

Flipstart PC – Bagi kamu yang mempunyai gangguan pernapasan contohnya seperti penyakit paru obstruktif kronis, asma, dan emfisema pastinya membutuhkan alat bantu pernapasan untuk dapat bernapas dan menjalankan aktivitas.

Apakah kamu tahu, alat bantu pernapasan jenis apa saja yang paling dibutuhkan bagi si penderita gangguan pernapasan?

Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut merupakan macam-macam alat bantu pernapasan untuk kamu yang mempunyai gangguan pernapasan.

1. Regulator Oksigen dan Tabung

Regulator Oksigen merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengendalikan oksigen yang akan diberikan kepada pasien. Pada dasarnya oksigen dari tabung ini memiliki sebuah tekanan yang tinggi, tapi kamu harus mengatur terlebih dahulu agar aman untuk digunakan.

Tabung oksigen ini memiliki kemampuan untuk mengubah air menjadi sebuah oksigen. Oksigen langsung dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien. Oksigen ini bisa melalui mulut atau hidung.

2. Oksigen Portable

Berbeda dari tabung oksigen lainnya, tabung oksigen ini dikemas dengan tabung kecil. Oksigen ini sudah dijual bebas sehingga kamu mudah untuk membeli dan sudah tersedia di toko obat terdekat atau apotek.

Tabung ini juga mudah dibawa ke mana saja. Tidak hanya untuk orang yang mempunyai gangguan pernapasan, oksigen ini juga bisa menjadi salah satu benda penting dalam otak P3K.

3. Oksigen Concentrator

Oksigen Concentrator

Oksigen Concentrator merupakan alat yang dapat menghasilkan oksigen murni yang berasal dari udara bebas. Alat bantu pernapasan ini dapat digunakan dengan mudah tanpa ribet. Oksigen ini bekerja untuk mengambil udara dari lingkungan sekitar serta memisahkan nitrogen atau zat-zat lain dari udara.

Kemudian oksigen ini dapat digunakan melalui selang dan menyalurkannya ke pernapasan pasien seperti hidung atau mulut. Alat oksigen sudah dijual di pasaran, kamu bisa membelinya di apotik atau toko obat yang sesuai dengan kebutuh kamu.

4. Oximeter

Oximeter

Oximeter merupakan alat untuk membantu pernapasan yang berguna mengukur oksigen dalam-dalam. Desainnya sangat mungil yang menyerupai jam tangan. Alat ini sudah memiliki sensor yang berguna untuk mengukur semua kadar oksigen pada jari kamu. Tingkat kejenuhan oksigen atau kadar oksigen di dalam darah akan tampil di layar, persis seperti kamu melihat jam di sebuah jam tangan.

5. Nebulizer

Nebulizer

Nebulizer merupakan benda yang bergunakan untuk mengubah sebuah obat asam yang cair menjadi sebuah gas. Gas ini akan langsung dialirkan dari selang ke saluran pernapasan si pengguna. Nebulizer memiliki sebuah kemampuan untuk menembakkan obat asma ke target organ seperti paru-paru.

6. CPAP

CPAP

CPAP (Continuous Positive Airway Pressure). Benda ini digunakan untuk yang terkena sleep apnea. Apa itu sleep apnea? Sleep apnea adalah orang yang memiliki kesulitan bernapas di saat tidur yang disebabkan oleh penyumbatan di saluran pernapasan atau tidak stabilnya pernapasan.

Ketikan penyumbatan ini terjadi, orang yang memiliki gangguan pernapasan ini akan bangun mendadak serta sesak napas. Sehingga, yang memiliki gangguan pernapasan ini akan sangat susah tidur dan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari karena kurang istirahat. Bagaimana benda ini bekerja?

Alat ini bekerja dengan cara mengontrol seluruh tekanan udara konstan sehingga akan membuat saluran pernapasan selalu terbuka. Dan tekanan udara yang disalurkan dari topeng yang akan digunakan si penderita dengan gangguan pernapasan jenis sleep apnea saat tidur.

Inilah 6 Alat bantu pernapasan yang wajib kamu miliki, apakah kamu masih ragu untuk memilikinya? Tidak usah risau karena 6 alat di atas memiliki kualitas yang bagus serta tidak akan mengecewakan!

Baca Juga:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.